Pengalaman Terkena Virus Virut.NBP

Tuesday, June 5, 20120 komentar

Virus Virut.NBP
Selama perjalanan saya “bermain” komputer baru dua kali kena virus yang bikin repot. Pertama kena virus SALITY, sekitar tahun 2007. Kalau nggak salah, file word yang diserang (benar ya?) Udah gonta-ganti Anti Virus, waktu itu, nggak mati2 juga tuh virus. Saya khawatir kalau file word (yang penting) yang terinfeksi nggak bisa dibalikin lagi. Tapi, akhirnya googling sana sini menemukan
 SALITY KILLER  untuk memberantasnya. Alhamdulillah. beres.
Setelah 4 tahun nggak ada masalah dengan virus,kemarin kena juga Virus Virut.NBP. Terus terang kenanya pun saya nggak sadar. Kok tiba-tiba Firefox jadi sering lambat, dan akses beberapa web yang secure, nginstal software selalu gagal  dan semua file exe terinfeksi virus Virut.NBP, Tapi, ketika saya browsing dengan linux, semua terasa lancar.
Setelah saya update NOD32 saya, tiba-tiba hampir 2500 file exe (system + software) telah terinfeksi. Wew 2500 file. Langsung switch ke linux dan tanya om google cara mengatasi Virut.NBP. Dari info yang saya baca, virus ini termasuk bandel. Setiap file exe yang terinfeksi bisa jadi ‘zombie’ yang menular ke file exe lain. Cara terampuh untuk mengatasi virus ini adalah FORMAT hardisk . Waduh, kalau format hardisk harus instal ulang, mana ada beberapa program yang installnya harus online, kayak chrome (walau sekarang dah ada yang offline installer).
Berhubung tidak mau langsung format sayapun coba cari cara yang lain. Pertama, scan virus lewat safe mode (gagal), mencoba membasmi dengan program khusus buat Virut.NBP punyanya AVG (gagal), Scan antivirus dengan CD recoverynya BitDefender (gagal), recovery file system dari CD windows 7 aslinya (gagal juga.. arghrhrh). Berhubung nggak ada yang berhasil akhirnya nurutin juga cara terakhir, FORMAT hardisk. Untuk kasus ini saya hanya format drive C:\
WAIT!!! ada catatan penting nih, JANGAN LANGSUNG install ulang setelah format. Matikan dulu power supply PC selama 3-5 menit, agar data di memory bisa clear. Karena ada beberapa kasus, kalau Virus Virut.NBP bisa muncul lagi setelah format + install ulang, jadi mungkin Virus Virut.NBP juga ngendon di memory.
Berhubung nggak mau beresiko, proses format drive C:\ dilakukan di Ubuntu (thanks linux you are so helpful in this case). Saya juga tidak lupa mendownload master antivirus dan firewall dan menaruhnya di drive C. Soalnya master di drive lain udah ke infeksi semua.
Setelah install ulang win 7 selesai, langsung install antivirus dan firewal. Langsung scan semua drive. Alhamdulillah, tidak ditemukan lagi Virus Virut.NBP. Yang sedikit heran, file exe yang di detect terinfeksi sekarang sudah clear. Hmm, mungkin inang virus nya dah hilang, jadi nggak ada yang mentrigernya.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cor - Nett dpurpLe™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger